Jumat, 23 September 2011

Salome

Akhir-akhir ini anakku -Nawwaf- lagi suka banget yang namanya Salome,jajanan anak yang dibawa pake motor oleh paklik-paklik(begitu biasanya kami menyebut penjual keliling di Balikpapan). Entah kapan munculnya itu jajanan anak di sini,karena kami tidak pernah membiasakan anak jajan sembarang, but untuk yang jajanan yang satu ini -Salome- kok bikin aku dan Abi nya ketagihan juga. 
Rasa Salome hampiiir sama dengan bakso, cuma bedanya rasa tepung tapiokanya lebih terasa, kenyal-kenyal gitu.....maklum beli 2ribu perak aja dapet.Kupikir2, kenapa gak aku bikin sendiri aja (secara bundanya suka bereksperimen di dapur, heeeee....apa aja kalo enak hayuuuk dicoba!!!), yang jelas tanpa MSG alias vetsin dan tanpa bahan pengawet, boraks, dan kawanannya itu yang tentunya gak baik buat kesehatan.
Ibu yang baik "harus bisa" menyiapkan menu yang sehat,lezat, dan bergizi buat keluarga dong!!!!!

Finally, iseng-iseng waktu beli Salome di depan Saro, supermarket di komplek kami tinggal kutanya sama paklik yang jualan, resepnya apa, tho???....(sambil nebak2 juga kira2 hampir sama bakso 'kali ya)

ni dia penampakan Salome yang kubikin untuk pertama kali dan langsung ludeeesss abis dimakan Nawwaf, bunda, Abiy, mbak Rum(khadimat di rumah)dan tak lupa sikecil Azka juga ikut icip-icip
 
Resep Salome a la dapur Klikue
Bahan:
  1. 500 gram daging sapi giling
  2. 600 gram fillet ayam giling
  3. 500 gram tepung tapioka
  4. 3 sdm garam
  5. 2 sdm gula pasir
  6. 1 sdm merica bubuk
  7. 2 sdm kaldu bubuk tanpa MSG
  8. 100 gram bawang putih, haluskan
  9. 100 gram bawang putih goreng, haluskan
  10. 100 gram bawang merah goreng, haluskan
  11. 3 butir putih telur
  12. es batu secukupnya
Cara Membuat
1. Campur daging sapi giling, ayam giling sampai tercampur rata.
2. Aduk adonan daging dengan tepung tapioka, garam, gula pasir,bawang putih, bawang merah, merica bubuk, dan kaldu bubuk, tambahkan putih telur, uleni sambil ditambah es batu sedikit-sedikit sampai adonan licin.
2. Didihkan air yang agak banyak, lalu kecilkan api sampai air tidak bergolak lagi.
3. Kepal adonan hingga keluar dari genggaman, sendoki dan masukkan ke dalam air mendidih tadi,
4. Rebus kira-kira 10 menit, jaga air jangan sampai bergolak agar salome tidak pecah.

5. Sajikan dengan kecap, saus tomat, dan sambal kacang.



Note: satu resep salome ini jadinya banyak banget (1,5 kg adonan belum jadi), kalo mau nyobain bisa setengahnya dulu ya....:)

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...