Kamis, 15 September 2011

Kroket Kentang


Kalo pas pengen snack yang gurih dan gak terlalu ribet (kayak risoles yang harus ndadar one by one) pilihanku biasanya jatuh ke lumpia (pake kulit instant) ato kroket. Resep kroket bertebaran di mana-mana dan variatif banget, mulai adonan kulitnya yang digoreng ato sekadar direbus, plus dengan varian isi yang seabrekkk. Jika dah biasa bikin biasanya "main feeling" aja bikinnya, cemplang cemplung....incip2, jadi dehhh
But untuk kali ini kucoba tulis ntu resep kroket kentang klasik

Kroket Kentang Klasik
Bahan Kulit:
  1. 600 gram kentang
  2. 1 sdm susu bubuk
  3. 1/4 sdt pala bubuk
  4. 1/4 sdt merica bubuk
  5. garam secukupnya
  6. minyak untuk menggoreng
Bahan Isi:
  • 100 gram fillet ayam, rebus, potong kecil2
  • 100 gram wortel potong kotak2 kecil
  • 100 gram kentang potong kotak2 kecil
  • bawang perai 1 batang, iris tipis
  • seledri 1 tangkai, iris tipis
  • bawang putih 2 siung, cincang
  • bawang merah 4 butir, cincang
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
Bahan Lapisan :
  • tepung terigu protein sedang 75 gram
  • telur ayam 2 butir, kocok lepas
  • tepung panir 75 gram
Cara Membuat :
  1. Kupas kentang, potong-potong lalu goreng dalam minyak panas, angkat haluskan
  2. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan susu bubuk, garam, pala, dan merica bubuk, aduk rata, sisihkan.
  3. Buat adonan isi: Tumis bawang putih dan bawang merah. Tambahkan bahan isi lainnya, masak sambil diaduk hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  4. Ambil campuran kentang secukupnya, pipihkan. Letakkan 1 sdt adonan isi, bentuk bulat lonjong. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Gulingkan bulatan kentang di atas terigu hingga rata. Celup dalam telur, angkat dan hulingkan di atas tepung panir hingga rata.
  6. Panaskan minyak, goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...