Selasa, 20 September 2011

Roti Tawar Goreng

Punya persediaan roti tawar cukup banyak, tapi bosen kalo cuma dioles selai doang....mumpung temanya lagi suka bikin snack yang serba digoreng, jadi pengen bikin Resep Roti Tawar Goreng aja....ntu roti digoreng dengan isian sayur plus makaroni, bikinnya guampang...yang jelas gak seribet risoles (lagi-lagi). Ide bikinnya sih sebenarnya dari tabloid Saji cuma lupa edisi kapan, cuma yang dingget cara mbuatnya tentang isian suka-suka kita aja:)
Cara membuat  roti tawar goreng ini hampiiiir sama dengan bikin snack goreng yang sebelumnya (risoles, lumpia, dan kroket), beda di teknik ngelipet roti tawarnya aja. Untuk isian aku pake isian di Resep Kroket Kentang, cuma bedanya kentangnya kuganti makaroni (karena anakku seka banget makaroni)


ok, ni Resep Roti Tawar Goreng isi sayur dan makaroni ala Klikue

Resep Roti Tawar Goreng
Bahan Kulit:
  1. 10 lembar roti tawar tanpa kulit
  2. 200 ml susu UHT plain
Bahan Isi:
  • 100 gram wortel potong kotak2 kecil
  • 100 gram makaroni rebus
  • bawang perai 1 batang, iris tipis
  • seledri 1 tangkai, iris tipis
  • bawang putih 2 siung, cincang
  • bawang merah 4 butir, cincang
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
Bahan Lapisan :
  • tepung terigu protein sedang 75 gram
  • telur ayam 2 butir, kocok lepas
  • tepung panir 75 gram
Cara Membuat Roti Tawar Goreng:
  1. Potong roti tawar menjadi 2 bagian secara diagonal (jika mau ukuran kecil)
  2. Celupkan roti pada susu (asal basah aja), setelah itu masukkan 1 sendok teh adonan isi, tutup roti sehingga menjadi bulat.
  3. Cara membuat adonan isi: Tumis bawang putih dan bawang merah. Tambahkan bahan isi lainnya, masak sambil diaduk hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  4. Ambil campuran kentang secukupnya, pipihkan. Letakkan 1 sdt adonan isi, bentuk bulat lonjong. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Gulingkan bulatan kentang di atas terigu hingga rata. Celup dalam telur, angkat dan gulingkan di atas tepung panir hingga rata.
  6. Simpan adonan yang sudah jadi dalam lemari es kurang lebih 30 menit (supaya tepung panir menempel dan tidak gampang lepas waktu digoreng)
  7. Panaskan minyak, goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. 
  8. Sajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...