Jumat, 22 Januari 2016

Puding Leci Buah Naga

Buah Naga, buah yang bentuknya khas ini saat ini banyak sekali dijual di Balikpapan baik di pasar pasar maupun penjual buah musiman yang biasanya meteka menjajakannya menggunakan mobil bak terbuka di pinggir jalan. Sentra perkebunan buah naga sebagian besar terpusat di daerah kilo.

Buah Naga cocok dikonsumsi semua kalangan usia, berbagai nutrisi yang dikandung buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa dan orang tua. Buah Naga atau Potaya adalah buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sedangkan nama naga sendiri diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap bahwa buah ini sangat diberkahi. Masyarakat selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga, dan akhirnya buah tersebut dikenal dengan nama “dragon fruit” atau buah naga.

Buah naga sendiri memiliki dua jenis warna, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Tetapi berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh pakar gizi dan kesehatan, buah naga jenis merah-lah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang.

Dalam 100 g buah naga, mengandung kalori 60 kkal, protein 0, 53 g, karbohidrat 11, 5 g, serat 0,71 g, kalsium 134,5 mg, fosfor 87 mg, zat besi 0,65 mg, vitamin C 9,4 mg, serta kandungan airnya sebanyak 90%. Buah Naga memiliki manfaat sebagai; sumber vitamin C, sumber vitamin B1 (tiamin), sumber vitamin B13, sumber Vitamin B12, kaya serat, kaya mineral, kandungan antioksidan, mengontrol gula , menurunkan tekanan darah, menetralkan racun, menurunkan berat badan, mengobati asma dan berbagai manfaat baik lainnya.
 
Naaa....karena segudang manfaats itulah saya sering nyetoks buah ini di kulkas buat pendamping snack sore suami dan anak2. Karena banyaknya stok buah ini di kulkas, tetiba saya pengen buat puding dari buah naga. Puding Leci Buah Naga, saya sudah pernah buat sebelumnya --- waktu itu saya buat sebagai buah tangan saat bezuk bu Yani sehabis melahirkan baby  girlnya...Hasna. 
Kali ini saya bikin puding buah naga lagi buat acara kumpul bareng temen temen tahsin di rumah mba Fitta.
Resep menyusul yaaa....

Puding Leci Buah Naga
By Titi Klikue

Puding Lapis I
1/2 bungkus agar agar putih
70 gr gula pasir
8 buah leci 
200 ml air
100 ml air leci kaleng

Puding Lapis II
1/2 bungkus agar agar putih
70 gr gula pasir
400 ml air
150 gram buah naga cincang kasar
0.25 sdt vanili bubuk

 Puding Lapis III
1/2 bungkus agar agar putih
70 gr gula pasir
400 ml susu cair uht plain
1/2 sdt pasta vanila

Puding Lapis IV = Lapis II
1/2 bungkus agar agar putih
70 gr gula pasir
400 ml air
150 gram buah naga cincang kasar
1/4 sdt vanili bubuk

Cara Membuat
Puding I:
Aduk jadi agar-agar, gula pasir, buah leci, air, dan air leci kaleng sambil rata, lalu masak diatas api kecil sambil terus diaduk. Masak sampai mendidih.

Puding II:
Aduk jadi satu; agar-agar, gula pasir, air, dan vanili sambil rata, lalu masak diatas api kecil sambil terus diaduk. Masak sampai mendidih.

Puding III:
Aduk jadi satu agar-agar, gula pasir, susu, dan pasta vanila sambil rata, lalu masak diatas api kecil sambil terus diaduk. Masak sampai mendidih.

Puding IV:
Aduk jadi satu; agar-agar, gula pasir, air, dan vanili sambil rata, lalu masak diatas api kecil sambil terus diaduk. Masak sampai mendidih.

Penyelesaian;
1. Basahi cetakan dengan air, kemudian tata potongan buah leci di tiap lekukan cetakan. Tuang ke dalam loyang adonan puding I sesendok demi sesendok sampai habis, biarkan setengah beku.

2. Panaskan kembali puding II, tambahkan potongan buah naga cincang, aduk rata. Tuang di atas puding I sesendok demi sesendok supaya tidak menyatu dengan puding I, biarkan sampai setengah beku.

3. Panaskan kembali puding III. Tuang di atas puding II sesendok demi sesendok supaya tidak menyatu dengan puding II, biarkan sampai setengah beku.

4. Panaskan kembali puding IV. Tambahkan potongan buah naga cincang, aduk rata. Tuang di atas puding III sesendok demi sesendok supaya tidak menyatu dengan puding III, biarkan sampai beku. Diamkan dalam kulkas kurang lebih 5 jam supaya antar lapisan bisa menyatu sempurna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar