Selasa, 20 Desember 2016

Step by Step Membuat Tekwan

Bismillah....bikin tekwan lagiii....hidangan sup khas palembang ini seriiing bangeuds terhidang di meja makan keluarga kami, apalagi jika ikan tengiri lagi musim di sini (balikpapan). Jika lagi musim ikan tengiri, saya nyetok sudah dalam bentuk pasta (daging ikan tengiri dibersihkan selanjutnya dikeruk dagingnya lalu dihaluskan) sebelum masuk freezer. Karenaaa....selain tekwan ini, saya juga seriiing menggunakan pasta ikan untuk bikin  empek2 dan batagor kesukaan anak lanangs (kak Awa dan mas Azka), suami, dan sayaa jugaaa๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†.

Back to tekwan, ...awal awal saya bikin belum mendapatkan "rasa yang tepat" ... trial n eror. based on resep di google dan nanya2 temen yang suka bikin tekwan...terkadang ujung2nya saya sendiri yang harus habisin karena suami nda cocok rasanya (waktu itu kak Awa masih kecil dan mas Azka masib balita). Sampai akhirnya....alhamdulillah dapet resep yang tepat a la a la sayaa tentunya -yang penting suami dan anak2 sukaa, mertua jugaa lho, heee - Begitu cocok di lidah suami dan anak2 jadilah saya seriiing menmbuatnya.

Walaupun saya sering membuat tekwan dan sempat share cerita di link berikut
http://klikue.blogspot.co.id/2012/02/tekwan.html?m=1
tetapi belum pernah share resep tekwan a la saya. Karena bikin tekwan ntu riweuh, yang pasti kudu bikin biji tekwannya dulu, blom kuah dan "printilan" di dalamnya. Selain itu, kebiasaan saya  ... kalo bikin masakan bumbunya nda ditakar cukup pake "feeling" ajaah..cemplang cemplung..icip icip test rasa kurang asin tambah garam kurang gurih tambahin bawang putih goreng dst....
But...bikin tekwan kali ini "beda", karena saya menakar bumbu-bumbunya beserta printilannya, supaya bisa simpan dan berbagi resep di blog saya inii.

Khusus biji tekwan, terkadang saya bikin  banyak sekaligus selanjutnya saya kotakin per 6 - 7porsi (sesuai jumlah keluarga kecil saya) langsung masuk freezer...naa kalo pas mau bikin tinggal ambil sekotak trus siapin deh printilannya...Penyimpanan ini sangat membantu banget ketika tetiba saya kedatangan tamu...seperti saat saya bikin tekwan kali ini karena rumah saya ketempatan halaqoh Tsabita. Yo wes...bikin yang praktis saja๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Tekwan
Resep by Titi Klikue

1. Bahan untuk biji tekwan 
- 500 gr ikan tengiri haluskan(pasta ikan)
- 2  butir  telur
- 11 cubes es batu
- 100 ml air es
- 4 sdt garam
- 2 bonggol bawang putih, haluskan
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- 400 gram sagu

2. Bahan Pelengkap
- 50 gr jamur kuping, rendam dengan air panas -- tiriskan, lalu potong potong
- 100 gr bunga sedap malam, ikat lalu rendam dengan air panas -- tiriskan
- 200 gram soun rendam air panas
- 5 batang seledri cincang halus
- bawang goreng
- kecap
- sambal

3. Bahan Kuah
- 5 liter air kaldu udang
- 200 gram udang segar, bersihkan
Haluskan: 
- 15 siung bawang putih
- 10 siung bawang merah
- 2 cm jahe
- 2 sdt ebi
Bumbu lainnya :
- 6 sdm minyak goreng
- 50 gr bawang bombay cincang halus
- 1 sendok makan garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/2 sdt merica bubuk
- 300 gram bengkoang, potong korek api

Cara Membuat Biji Tekwan
1. Siapkan panci berisi air, didihkan di atas kompor menggunakan api sedang.
2. Sambil menunggu air mendidih, siapkan adonan biji tekwan. Masukan ke dalam blender : ikan tengiri, es batu, telur, dan air es -- blender hingga halus.
3. Keluarkan adonan ikan dari blender lalu letakkan pada mangkuk, tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk, dan bawang putih halus -- aduk hingga rata.
4. Tambahkan sagu pada adonan ikan berbumbu aduk hingga menjadi adonan liat dan tercampur rata.
5. Colek adonan menggunakan jari telunjuk lalu lepaskan dengan bantuan jempol ke dalam air mendidih hingga matang dan mengapung, angkat kemudian tiriskan, sisihkan.

Ikan tengiri dkk siap untuk di blender -- lebih bagus pakai food processor (punya saya lagi rusak๐Ÿ˜†)
Daging ikan tengiri yang sudah halus lalu dicampur dengan bumbu dan tepung sagu - aduk sampai menjadi adonan yang homogen

Cara Membuat Kuah Tekwan 
1. Panaskan wajan datar (teflon) yang sudah berisi minyak, lalu tumis bawang bombay hingga harum, kemudian masukkan bumbu halus -- tumis hingga harum dan matang. Matikan api
2.  Siapkan panci berisi air kaldu udang, lalu masak hingga mendidih -- masukan udang dan bumbu tumis. Masak lagi hingga udang matang (berwarna kemerahan)
3. Masukan merica bubuk, garam, gula pasir dan bengkuang, aduk hingga rata. Lakukan test rasa ya....

Penyajian 
1. Siapkan mangkuk saji,masukan ;  soun, jamur kuping, bunga sedap malam, biji tekwan, daun bawang, dan daun seledri lalu siram dengan kuah tekwan.
2. Taburi dengan bawang goreng. 
3. Sajikan selagi masih hangat yaa....

Penyajian Tekwan, tata di dalam mangkuk : bihun, jamur kuping, bunga sedap malam, irisan bengkoang, biji tekwan, daun bawang, dan daun seledri.
Setelah semua tertata -- siram dengan kuah tekwan lalu taburi dengan bawang merah goreng.
Sajikan selagi hangat yaaa....bersama kecap dan sambal pluss perasan jeruk. Yummmm....cocok di makan pas cuaca dingin๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜†

Tidak ada komentar:

Posting Komentar