Senin, 25 Januari 2016

Kue Lapis Kanji

Kue tradisional yang termasuk dalam golongan kue basah ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Kue ini terbuat dari campuran tepung dan santan.Selain memiliki rasa yang manis, kue basah ini juga memiliki tekstur yang sangat kenyal. Kue lapis adalah kue yang banyak dijumpai dipasaran terutama pasar tradisional dan toko kue. 

Kue Lapis ini mengingatkan saya semasa kecil. Ya..., gegara ada beberapa postingan di fb tentang gimana kita menikmati kue lapis ini, yang biasanya kita akan memakannya dengan cara merobeknya lapis per lapis😆😅....jadilah saya tertarik untuk membuatnya sendiri. Saya sebenarnya sudah pernah bikin kue lapis ini....but entah berapa tahun yll. Kali ini tertarik untuk bikin lagi. Mumpung orderan lagi nda full, jadi kesempatan saya buat nyubain resep2 yang saya sudah lama simpan dan maunya dicobain tentunya. 

Resep kue lapis ini saya adaptadi dari bunda Renita --- thanks ya bun. Sedikit saya modif tepatnya saya konversikan ukuran yang masih berupa takaran (gelas dan sendok makan) ke dalam ukuran gram. Thanks ya bun resepnya.....

Ternyata oh ternyata pas di kakak menikmati kue ini sepulang sekolah tadi ia pun melakukan hal yang sama -- memakannya dengan metobek dan memulunnya lapis perlapis😆😆Lapissss oh lapisss...

Kue Lapis Tepung Kanji

resep : bunda Renita
Modif Titi Klikue

Bahan
- 500 gr Tepung Kanji
- 500 gr gula pasir
- 250 gr tepung beras
- 1 sdm garam
- 25 gr maizena
- 1800 ml santan kental, rebus bersama 3 lembar daun pandan hingga matang --- dinginkan suhu ruang.
- vanili 1/2 sdt

Cara Membuat
1. Masukkan semua bahan  kecuali santan ke dalam baskom, campur dan aduk rata
2. Masukkan santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung aduk hingga adonan tercampur merata
3. Saring adonan dengan saringan tepung, kemudian bagi adonan menjadi 2 sama rata
Adonan pertama biarkan tetap putih dan adonan ke 2 bagi menjadi 2 bagian sama banyak
Adonan yang di bagi empat tadi beri pewarna cokelat dan merah muda.
4. Siapkan cetakan persegi empat ukuran 22 cm, olesi mentega dan alasi dengan plastik
5. Masukkan adonan berwarna cokelat, kukus sekitar 5 menit hingga setengah matang, lajutkan dengan menuang adonan putih kukus hingga setengah matang, ulangi dengan adonan merah dan putih secara selang-seling hingga adonan habis.
6. Setelah semua adonan kue lapis selesai di lapis, kukus selama 25 menit .. angkat serta dinginkan, sajikan dengan potong.
7. Selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar