Kamis, 11 Desember 2014

Tahu Krispy


Snack gurih yang lagi jadi favorit kedua anak saya saat ini. Tahu Krispy.....jajanan anak ini saat ini sedang banyak digandrungi anak anak maupun orang dewasa di Balikpapan. Walaupun tidak sepopuler salome, but namanya anak-anak selalu tergoda dengan hal-hal baru. Asal muasalnya anak saya mulai menyukainya karena sering melihat ada paklik (begitu orang balikpapan biasa menyebut bapak2 penjual/ pedagang asongan) yang mangkal di depan masjid hampir setiap hari di saat kedua nak saya tahfidz di masjid Ar Rahmah.

Awalnya kak Awa yang mencoba membelinya, ...trus saya pun penasaran seperti apa toh bentuknya dan cara membuatnya???.....akhirnya sewaktu saya antar dan jemput adik ke masjid (karena kakak seringnya naik sepeda), saya mencoba mengintip proses pembuatannya. Ternyata sederhana saja......tahu putih dipotong kotak2, kemudian dibalur pada campuran tepung selanjutnya di goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan......Selanjutnya pembeli (yang sebagian besar adalah anak anak) dipersilahkan untuk memilih mau rasa apa?...apakah kecap, bumbu balado, dan ada beberapa bumbu lain yang say kurang begitu mengetahuinya. Yang saya tahu, bubuk itu sering saya jumpai di salah satu TBK di balikpapan. Kenapa saya bisa tahu??....karena pas kebetulan saya belanja, mbak2 penjaganya sedang melayani pembeli, dan aroma dari bubuk tersebut bener2 menyengat (mungkin rasa balado asumsi saya), sampai akhirnya saya bertanya "bubuk apa itu, mbak?..."
"Bubuk untuk tela-tela, mbak...bisa juga untuk tahu krispy"......."Ooo, .." jawab saya.
Yang saya tahu...bubuk itu mengandung MSG berdasarkan kemasan yang tertera dipembungkusnya....Owh, pikir saya...ndak sehat itu!!!! yang pasti suami saya bakal ndak mengizinkan saya untuk memakainya kecuali terpaksaaa..

Akhirnya saya sampaikan ke kak Awa...besok ndak usah beli lagi ya, nak.....bunda bisa bikin kok, insyaallah lebih enak dan sehat tentunya,..begitu saya berusaha merayu kak Awa...alhamdulillah si kaka bisa mengerti.

Ni dia resep yang biasa saya pakai

 Bahan
  • 5 buah Tahu putih Sumedang dipotong kotak-kotak
  • 100 gram tepung terigu
  • Tepung maizena 3 sendok makan,
  • Tepung beras 5 sendok makan
Bumbu halus adalah:
  • 3 siung bawang putih
  • secukupnya garam dan
  • secukupnya merica

Cara Membuat

  1. Beri sedikit air bumbu yang sudah anda haluskan tadi, dan rendamlah tahu dalam air tersebut selama 15-20 menitan.
  2. Setelah 20 menit, angkat tahunya dan buang airnya, masukkan tahu kedalam campuran tepung, guling-gulingkan tahu dan aduk hingga rata
  3. Goreng tahu dalam minyak dengan api sedang, tunggu hingga tahunya kecoklatan.
  4. Angkat dan tiriskan.
  5. Tahu krispy sudah siap untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar