Rabu, 17 Desember 2014

Makaroni Goreng




Makaroni goreng yang saya buat ini based nya memakai resep makaroni schotel. Ada yang menyebut nugget makaroni, skotel makaroni goreng, dan  ada juga makaroni goreng. Untuk kali ini saya menamainya makaroni goreng, karena isinya cuma makaroni, wortel parut, keju, telur, susu plus bumbu-bumbu tentunya. Sementara kalo mau disebut nugget makaroni or skotel makaroni goreng, berdasarkan resep resep yang kubaca “harus” ada penambahan daging2nya entah daging sapi/ ayam giling, ataupun turunannya seperti sosis ayam/ sapi, daging asap, dll. 


Untuk kali ini saya pakai versi mudahnya saja, makaroni goreng. Jadi jika anda ingin menjadikannya nugget makaroni or skotel makaroni goreng, tinggal menambahkan bahan2 yang sudah saya sebutkan tadi. Saya mengenal dan sering makan makaroni goreng ini sejak dekat dengan mami (Kasmawati, mama Chacha), karena mami lah yang sering memunculkan kudapan yang gurih ini dibeberapa acara (kajian rabu di masjid or pertemuan/ arisan PKK).


Tentang makaroni ini, memang kedua anaku menyukainya terutama jika di buat sup. Selain sup saya sering membuatnya menjadi Makaroni Schotel, but ternyata anak2 saya kurang begitu menyyukainya. Entah karena teksturnya yang "basah" or rasa western nya yang dominan. Finally setelah saya sering membawa kudapan makaroni goreng bikinan mami, ternyata kedua jagoan kecilku – kak Awa dan dik Azka – menyukainya. Maka saya pun mencoba untuk membuat sendiri karena sudah 3 bulanan terakhir saya berusaha untuk tidak mengizinkan anak2 jajan2 makanan di pinggir jalan, demi kesehatan mereka tentunya. So, di saat dapat variasi resep cemilan lain buat anak2 dan suami di rumah hayuuk lets baking!!!! Alhamdulillah “enak, bunda”...begitu kata kak Awa setelah mencicipin makaroni goreng bauatan saya. Anak2 saya ndak tahu kalao saya memasukkan keju parut di dalamnya (kalo tahu mungkin ndak akan dimakan, heeeee...karena keduanya memang ndak begitu suka keju).


Resepnya saya adaptasi dari sajian sedap, resep aslinya skotel makaroni goreng . kemudian saya modifikasi sesuai selera saya. Ini resepnya ya.....



Bahan A :
200 gram makaroni pipa rebus setengah matang, sisihkan

3 butir telur
200 ml susu cair
50 gram wortel, dipotong dadu kecil kecil
50 gram keju cheddar parut
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh seledri cincang halus
 

Bahan B:
 putih telur
 tepung panir kasar/bread crumbs

Bahan C:
minyak untuk menggoreng


Cara Pengolahan :

  1. Kocok lepas telur. Tambahkan susu cair sedikit-sedikit. Aduk rata.
  2. Masukkan wortel, keju parut, dan daun seledri. Aduk rata.
  3. Tambahkan garam, merica bubuk, gula pasir, dan pala bubuk. Aduk rata.
  4. Tuang ke dalam loyang kue yang sudah dipoles minyak goreng dan dialasi plastik dan dioles lagi dengan minyak goreng.
  5. Kukus 20 menit di atas api kecil sampai matang. Biarkan dingin.
  6. Potong makaroni sesuai selera, masukan dalam putih telur kemudian gulingkan pada bread crumbs.
  7. Goreng makaroni dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kekuningan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar