Sabtu, 15 April 2017

Nikmatnyaa .... Puding Santan Kelapa Muda

Bismillah...
new comer puding di klikue yang kusajikan spesial buat menyambut teman2 halaqoh selasa kemarin...basicnya puding santan gula merah yang legendaris, kumixed dengan kelapa muda dan juga potongan nangka...yuummyyy, diantara sekian puding yang kubuat inilah yang cocok dengan lidah jawaku๐Ÿ˜Š๐Ÿ’–
*mohon maaf yang nda hadir nda kebagian...karena habis dibungkusin๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…
Looks...yummyyy๐Ÿ˜™๐Ÿ˜˜

Puding ini sebenernya by accident looh...karena awalnya aku mau bikin klappertaart (dessert yang akhirnya menggodaku untuk terjun di dunia perkuean๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š). Apa daya ... ternyata kelapa muda yang kubeli di mba Azizah ternyata separuhnya ketuaan - teksturnya terlalu kerass, nda enak kalo dibikin klapy...tadinya kupikir bikin separuh resep aja ^kali...tapi kok yo tanggung, khawatir nda nyukup karena suami dan anak anak juga sukaa. Yo wes lah...akhirnya jadi dapet ide bikin puding santan gula merah aja...trus bagian atasnya di kasih kelapa muda, itu aja ide awalnya (2 lapisan ajaa), ternyata di kulkas juga ada stok buah nangka..yo wes sekalian di mixed ajaah....gurihnya kelapa muda berpadu dengan legitnya santan, manisnya gula merah plusss wanginya nangka. On slice ?....never enough๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†....
Berikut ku share resep yaa.....maaaf yang sudah menunggu lama, karena bloggerku sedikit trouble seminggu kemaren. Alhamdulillah, sudah baikan sekarang.


Puding Santan Kelapa Muda
Resep by Titi KLIKUE

Bahan I
- 700 ml air (termasuk air kelapanya)
- 200 gram gula merah
- 1 sachet agar-agar bubuk plain
- 2 lembar daun pandan, simpulkan
- 1 buah kelapa muda keruk

Bahan II
- 1400 ml santan dari 1 butir kelapa
- 400 gram gula merah
- 2 sachet agar-agar bubuk plain
- 2 lembar daun pandan, simpulkan
- 1/8 sdt garam

Bahan III
- 700 ml air
- 200 gram gula merah
- 1 sachet agar-agar bubuk plain
- 2 lembar daun pandan, simpulkan
- 4 buah nangka potong dadu kecil


Cara Membuat;

Bahan I
- Campurkan dalam panci: air, gula merah, agar agar bubuk, dan daun pandan. Kemudian masak diatas api sambil terus diaduk hingga mendidih.Masukan kelapa muda, matikan api.

Bahan II
- Masukan dalam panci: santan, gula merah, agar-agar, daun pandan, dan garam. Kemudian masak di atas api sambil terus diaduk hingga mendidih, matikan api.

Bahan III
- Campurkan dalam panci: air, gula merah, agar agar bubuk, dan daun pandan. Kemudian masak diatas api sambil terus diaduk hingga mendidih.Masukan potongan nangka, matikan api.


Cara Penyajian:
1. Siapkan loyang puding, basahi dengan air.
2. Tuang puding I pada cetakan, biarkan hingga setengah beku.
3. Sambil menunggu lapisan puding I setengah beku, panaskan kembali puding II
4. Tuang separuh puding II di atas puding I (yang sudah setengah beku) secara perlahan, biarkan hingga setengah beku.
5. Panaskan kembali puding III, tuang di atas puding II, biarkan hingga setengah beku.
6. Panaskan kembali puding II, tuang di atas puding III. Kalau sudah hilang uap panasnya, simpan dalam kulkas selama kurang lebih 4 jam.
7. Siap untuk dikeluarkan dari cetakan dan dihidangkan

Happy baking....๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜™


1 komentar: