Senin, 15 Februari 2016

Puding Tape Ketan Hitam

Tapai atau tape merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang dihasilkan dari proses peragian bahan pangan berkarbohidrat, seperti singkong dan ketan. Kedua jenis tape ini, baik tape singkong maupun tape ketan saya sukaa sekali mengkonsumsinya, baik dikonsumsi langsung maupun dicampur dalam hidangan tertentu. Kali ini saya membuatnya untuk dessert berupa puding (as always๐Ÿ˜†๐Ÿ˜Š)

Puding tape ketan hitam ini resepnya samaaa dengan yang saya bawa untuk potluck kopdar DSB sepekan yang lalu. Hanya ada sedikit perbedaan dalam proses layeringnya. Kalo sebelumnya saya buat 2 layer aja; yaitu puding tape dan puding santan plus tape, yang ini saya buat jadi 4 lapis. Keempat lapisannya perulangan dari yang 2 lapis tadi; puding tape, puding santan&tape, puding tape dan diakhiri puding santan&tape lagi. Rasanyaaa????.....enaks bingits, karena tape ketan ada di setiap lapisannya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜…. Resep aslinya sudah saya share di sini

www.klikue.blogspot.com/2016/02/puding-tape-ketan-hitam.html

Puding ini saya buat based on requestnya mba Ayusandra di stone park BDI, dipesan mba Ayu setelah saya posting puding tape ketan hitam yang saya bawa buat potluck kopdar DSB. Jadi .. harusnya ini saya posting sebelum puding ysng sama yang direquest mba Wiwik Tune dan mba Tiara di komp.BDI (juga). Tetapi..gegara blogger saya sempat hang sepekan yang lalu ini puding yang sudah saya post tetiba menghilang๐Ÿ˜†๐Ÿ˜…. Yo weslah bikin lagi. 

Alhamdulillah...gegara poto puding yang ungu cantik menggoda ini, jadilah ada beberapa teman yang ikut mengantri order. MasyaAllah...tabarakallah๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜™
Berikut ini resep modifikasi dari puding tape ketan hitam yang sudah saya share sebelumnya ya....*beda dalam tampilannya aja kok๐Ÿ˜Š

Resep Puding Tape Ketan Hitam
By Titi KLIKUE

Bahan I
- 700 ml air
- 200 gram tape ketan hitam
- 125 gram gula pasir
- 1 sachet agar-agar bubuk plain
- 2 lembar daun pandan, simpulkan

Bahan II
- 700 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 100 gram tape ketan hitam (blender)
- 100 gram tape ketan hitam
- 125 gram gula pasir
- 1 sachet agar-agar bubuk plain
- 2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat;
Bahan I
- Campurkan dalam panci: air, gula pasir, agar agar bubuk, dan daun pandan. Kemudian masak diatas api sambil terus diaduk hingga mendidih.Masukan tape ketan hitam, matikan api.

Bahan II;
- Masukan dalam panci: santan, gula pasir, agar-agar, tape ketan hitam blender, dan daun pandan. Kemudian masak di atas api sambil terus diaduk hingga mendidih. Masukan tape ketan hitam, matikan api.

Cara Penyajian:
1. Siapkan loyang puding, basahi dengan air.
2. Tuang separuh puding I pada cetakan, biarkan hingga setengah beku.
3. Sambil menunggu lapisan puding I setengah beku, panaskan kembali puding II
4. Tuang separuh puding II di atas puding I (yang sudah setengah beku) secara perlahan, biarkan hingga setengah beku.
5. Panaskan kembali sisa puding I, tuang di atas puding II, biarkan hingga setengah beku.
6. Panaskan kembali sisa puding II, tuang di atas puding I. Kalau sudah hilang uap panasnya, simpan dalam kulkas selama kurang lebih 4 jam.
7. Siap untuk dikeluarkan dari cetakan dan dihidangkan
Happy baking....๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜™

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...