Rabu, 10 Februari 2016

Puding Sirsak

Sirsak adalah buah berwarna hijau dan biasanya memiliki rasa manis bercampur asam. Rasanya yang unik ini, segar sekali jika dijadikan minuman dingin baik untuk campuran es buah maupun jus.

Buah sirsak ini, selain rasanya yang enak, ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Sirsak terkenal dengan buah super karena kehebatannya membasmi penyakit yang mematikan seperti kanker. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini antara lain kalsium, mineral, aneka vitamin dan serat sehingga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Naaa....banyaknya manfaat dari buah sirsak itulah yang membuat saya punya ide untuk menjadikannya menjadi dessert, puding as always...heeee😊

Saya buat puding sirsak ini untuk potluck acara rihlah liqo tsabita di pantai Auri. So yang icip2 perdana ni puding yaa sahabat melingkar saya....pemotretannya pun di pinggir pantai. Seruuuu❤❤❤❤

Awalnya sempet galau....enak nda ya, apakah nanti rasanya akan sama dengan aslinya....ternyata enakks bingits apalagi saya sajikan bersama vla vanila susu yang creamy😊
Resep Puding Sirsak
By Titi KLIKUE

Bahan I
- 1300 ml air
- 250 gram gula pasir
- 2 sachet agar-agar bubuk plain
- 6 sdm biji selasih yang sebelumnya sudah direndam air hangat
- pewarna makanan : merah, kuning, hijau

Bahan II
- 450 gram sirsak yang sudah dibuang bijinya (blender hingga halus)
- Tambahkan air kedalam sirsak blender hingga volumenya mencapai 1300 ml
- 200 gram gula pasir
- 2 sachet agar-agar bubuk plain

Cara Membuat;
Bahan I;
- Masukan dalam panci: air, gula pasir, dan agar-agar. Masak di atas api sambil terus diaduk hingga mendidih. Matikan api. 

Bahan II
- Campurkan dalam panci: air yang sudah bercampur dengan jus sirsak, gula pasir, dan agar agar bubuk. Kemudian masak diatas api sambil terus diaduk hingga mendidih.Matikan api. 

Cara Penyajian:
1. Siapkan loyang puding, basahi dengan air.
2. Ambil 1/3 puding I beri pewarna merah dan 2 sdm selasih tuang dalam cetakan, biarkan setengah beku.
3. Sambil menunggu lapisan puding I setengah beku, panaskan kembali puding II. Ambil 1/3 bagian puding II,  tuang di atas puding I merah (yang sudah setengah beku) secara perlahan. Diamkan, hingga lapisan puding II setengah beku.
4. Sambil menunggu lapisan puding II setengah beku, panaskan kembali lapisan puding I. Ambil 1/3 puding I beri pewarna kuning dan 2 sdm selasih tuang dalam cetakan, biarkan setengah beku.
5. Sambil menunggu lapisan puding I kuning setengah beku, panaskan kembali puding II. Ambil 1/3 bagian puding II,  tuang di atas puding kuning (yang sudah setengah beku) secara perlahan. Diamkan, hingga lapisan puding II setengah beku.
6. Sambil menunggu lapisan puding II setengah beku, panaskan kembali lapisan puding I. Ambil 1/3 puding I beri pewarna hijau dan 2 sdm selasih tuang dalam cetakan, biarkan setengah beku.
7. Terakhir, panaskan sisa puding II, tuang di atas puding I hijau. Kalau sudah hilang uap panasnya, simpan dalam kulkas selama kurang lebih 4jam.

Happy baking😊😊
Pemotretan ni puding jaauuuh loo...di pantai AURI😊 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...